Resep Variasi Roti Cinnamon Roll

Ayoo kita bikin cemilan enak buat weekend, bahan-bahannya gampang didapet kok, yang penting niat yang kuat buat bikinnya, pasti bisa! kebetulan aku punya resepnya nih. Dari beberapa kali eksperimen (kayak percobaan aza hihi) menurutku ni resep paling manjur buat bikin roti yang soft. resep roti kali ini sebetulnya modifikasi dari cinnamon roll soalnya di-roll roll gitu bentuk rotinya. Biasanya kan kalau cinnamon roll filling isinya tuh pake spices nutmeg n friends, kalo di roti modif-nya ini ada yang isinya selai srikaya, meises, selai nanas, selai strawberry, ada juga spices original cinnamonnya. 

 
Ini dia bahan-bahannya :
  • Terigu (boleh apa aza aku mah, all purpose flour) kalo mau yang khusus terigu buat roti juga boleh, lebih bagus malah + 3-4 cup (takarannya bisa cangkir ukur khusus ATAU cangkir biasa)
  • mentega/butter 2-3 sdm
  • kuning telur 1 butir untuk campuran adonan
  • kuning telur 1 butir untuk olesan atas roti dicampur 1 sdm susu kental manis
  • ragi/yeast yang instan 2-3 sdt
  • baking powder 1/2 sdt
  • gula 1-2 sdm
  • vanilla extract (bubuk vanilla) 1/2 sdt 
  • garam dikit aza (1 pinch)
  • air hangat 1 cup 
  • Macam-macam selai : nanas, srikaya, strawberry, cinnamon powder, meises atau sesuai selera.
Cara Membuat :
  1. Pertama-tama larutkan ragi ke dalam 1 cup air hangat, masukkan juga gula dan garam biar larut. Tunggu kurang lebih 5-10 menit sampai agak foamy raginya
  2. Di dalam wadah besar masukkan terigu, vanilla bubuk, campuran ragi, telur dan mentega/butter. aduk rata dengan sendok besar plastik/ sendok nasi dari plastik. Uleni hingga adonan tercampur rata.
  3. Uleni adonan dengan tangan hingga kalis dan elastis, pake mixer roti juga boleh.
  4. Setelah adonan kalis, tambahkan baking powder. Uleni lagi dan biarkan mengembang dengan ditutup dengan plastik wrap hingga mengembang 2 kali lipat dari adonan awal. Kurang lebih 1-2 jam. 
  5. Olesi loyang anti lengket dengan mentega/butter.
  6. Kempiskan adonan.
  7. Giling adonan dengan rolling pin/ penggiling. Olesi dan ratakan isian selai/ meises/ cinnamon powder pada adonan. Gulung adonan, potong-potong. Susun di loyang. Biarkan adonan mengembang lagi 30-40 menit.
  8. Olesi atas roti dengan campuran telur dan susu kental manis.
  9. Panaskan oven pada suhu 180 derajat celsius.
  10. Masukkan adonan roti ke dalam oven. Panggang 20-25 menit. Naikkan suhu hingga 200 derajat celsius hingga roti kecoklatan.
  11. Roti siap disajikan.
Selamat mencoba! 












Share:

2 comments

  1. SweetBread it will be super yummy. ah must restrain for my health kkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yeah, it's totally my preference to love cooking sweet food cuz the sweet taste of it. Hope you can enjoy as much sweet as you can, because sweet can actually make your mood happy! Enjoyyyyyy! Thanks for coming here! You're the best!

      Delete