Tips Bepergian Aman, Nyaman dan Menyenangkan

Semangat nge-blog lagi muncul nih! Jadi pengen nyeritain persiapan apa aja nih sebelum bepergian jauh, yang minimal makan waktu berjam-jam untuk mencapai tujuan, bisa juga buat persiapan liburan/weekend ke luar kota atau belanja pulang pergi ke luar kota. Mau pakai kendaraan pribadi atau umum, mesti disiapin biar perjalanan aman, nyaman dan menyenangkan! Bantuin mama, papa juga dong biar meringankan beban mereka, sip deh!

Ini dia yang mesti disiapin sebelum bepergian :

  1. CEK MOBIL : Kondisi kendaraan mesti prima dong, cek-cek deh termasuk surat kendaraan (STNK, SIM), jangan sampai mogok dijalan, tanya sama yang ngerti, bantuin papa juga merhatiin kondisi mobil, juga kebersihannya, cuci mobil biar mengkilap. Jangan lupa kebutuhan kayak P3Knya cek, jangan sampai isinya udah kadaluarsa, terutama obat pusing dan mual, kayu putih (biasanya butuh banget nih kalau enggak enak badan di jalan). Biasanya selalu ada juga hand sanitizer, hand & body lotion (kulit terkadang gampang kering dan iritasi kalau sedang bepergian, apalagi kalau cuaca daerah yang dituju ekstrim banget, makanya selalu sedia ini), lotion anti nyamuk, obat tetes mata  dan tisu (di kotak tempat tisu), ada juga penyerap lembab biar udara di mobil bagus dan sehat.
  2. BENSIN : Isi bensin, jangan sampai kurang dan mogok karena bensin tiba-tiba habis dijalan, bagusnya sih full biar tenang, hemat waktu juga, jadi ketika berangkat tidak harus berhenti-berhenti dulu buat isi bensin.
  3. E-TOLL : cek pulsa kartu e-toll jangan sampai abis, isi ulang dulu, sesuaikan dengan kebutuhan perjalanan, bisa juga dilebihin saldonya biar aman di tol, tidak makan waktu. 

  4. MINUMAN : Minuman terutama air mineral, wajib bawa, minimal untuk selama di perjalanan berangkat, tiap orang biasanya kebagian 1 atau 2 botol ukuran sedang (yang kurang lebih 600 ml), jangan sampai dehidrasi. Sediain buat mama, papa, kakak, adik. Kalau mau bisa juga sekalian bawa minuman botol rasa jeruk, teh kotak atau kopi kotak/kaleng (disimpan di kantong yang ada pendinginnya juga bagus, tidakpun tidak apa-apa). Yang penting sebisa mungkin bawa air minum pas berangkat, untuk menghemat biaya perjalanan juga waktu, jadi kita gak mesti mampir buat beli-beli di toko. Bawa juga sedotan, biar gampang minumnya. 
  5. MAKANAN : Makanan buat sarapan, cemilan dan masakan rumah (kalau sempet). Makanan seperti roti yang siap makan bisa jadi pilihan utama biar praktis, itung-itung sarapan pagi kalau berangkat dari dini hari atau pagi hari, bisa juga untuk menahan lapar. Biskuit, kue kering kemasan praktis juga bisa jadi pilihan untuk cemilan. Kalau sempet bisa juga bawa bakpao kukus (banyak bakpao instan tinggal kukus kan sekarang, rasanya juga banyak, mulai rasa kacang hijau, coklat, ayam, tinggal pilih sesuai selera). Bawa nasi putih/ nasi kuning (tinggal masak pakai rice cooker/magic com, cepet dan lauk pauknya (paling suka luncheon ayam pronas tinggal dipotong dan dimasak sebentar di teflon, gampang banget hehe; goreng nugget, sosis, telur dadar, abon, kalau mau yang gurih-gurih bisa pilih sardines/tuna kaleng cepet masaknya dan enaaakkk hehe bisa juga bawa kerupuk), siapin makanannya ke kotak bekal, jangan lupa bawa alat makannya. Permen atau coklat juga bisa bawa biar ga lemes, cadangan buat kadar gula biar cepet naik kalau nge-drop. 
    luncheonnya tinggal dipotong kayak di gambar dan dimasak di teflon, enak, cepat dan gampang.
     Sosisnya dipotong-potong kayak gini biar gampang makannya
  6. PERLENGKAPAN PRIBADI : silahkan masing-masing individu menyiapkan sendiri; seperti kartu identitas, handuk, baju, kosmetik, travel kit (baiknya yang kemasan mini, biar mudah dibawa-bawa dan gak bikin ribet), sandal jepit.
  7. UANG : Sedia uang dengan berbagai pecahan dan koin receh buat parkir dan jajan.
  8. LAIN-LAIN : Selimut dan bantal (bisa bawa balmut, biar tidak banyak memakan tempat), plastik kosong.
Gimana persiapanmu sebelum bepergian? Apa ada yang mau ditambahkan selain yang udah diposting disini? share juga disini dong! 
Love you all!

credit pic : google

Share:

0 comments